karakter manusia sunda

bisa jadi tokoh-tokoh di dalam cerita sunda memang berpengaruh terhadap karakter orang-orang sunda. utamanya si kabayan.
atau mungkin juga, karakter-karakter tersebut memang dibuat dari beberapa karakter umum manusia sunda.karakter manusia sunda
oleh rezameutia
Si KabayanTokoh Si Kabayan adalah tokoh cerita rakyat Sunda turun temurun yang paling populer dan sangat digemari. Si Kabayan dianggap sebagai tokoh ciptaan manusia Sunda yang hidup berpegang kepada pedoman ‘cageur jeung bageur’ (sehat lahir batin dan berbudi baik). Tipikal manusia Sunda yang ramah tamah kepada tamu, yang air mukanya lebih banyak cerah daripada masam, tidak bersikap aniaya kepada sesama manusia, gemar bergurau berkelakar, dan suka menertawakan ketololan diri sendiri.

Si Kabayan mengajak orang tertawa bersenang hati, cerita-cerita Si Kabayan bukan lah lelucon kosong tetapi sarat dengan isi tentang kehidupan. Si Kabayan merupakan tokoh luar biasa yang bisa menerima kritik atas dirinya sendiri.
Hanya manusia yang sehat lahir batin saja yang dapat menerima kritik dirinya sendiri dan menertawakan dirinya sendiri. Si Kabayan adalah puncak manifestasi manusia yang sudah menemukan puncak kesehatan lahir batin, yaitu manusia yang sudah ‘teu naon-naon ku naon-naon’ (tidak merasa apa-apa oleh apapun juga).

Ada cerita dari Prancis karya pengarang Moliere (1622-1673) yang berjudul ‘Le Medicin Malgre Lui’. Dalam cerita tersebut tokoh Prancis yang bernama Sganaralle sangat mirip dengan karakter Si Kabayan yang pemalas namun cerdas,
pandai berbicara, dalam arti tak pernah terdesak ketika berbicara dengan orang lain, baik istrinya sendiri, para pamong praja ataupun mertuanya sendiri. Persis seperti karakter Si Kabayan dalam berbicara menghadapi Iteung, Ambu, dan Abah.

Sangkuriang

Berlainan dengan Si Kabayan, Sangkuriang adalah manifestasi jiwa yang terlalu yakin dengan kebenaran dirinya sendiri, sehingga tidak mau menerima kebenaran orang lain. Sangkuriang adalah karakter ‘naon-naon ku naon-naon’ (merasa apa-apa oleh apapun juga) dan yang tidak mau kebenaran orang lain sama sekali.

Sangkuriang adalah manusia yang penuh percaya diri, ketika ditantang oleh Dayang Sumbi agar membuat telaga dan perahu dalam semalam, segera menyanggupinya. Kesanggupan itu dapat dipenuhi pada waktunya, kalau saja Dayang Sumbi tidak membuat fajar palsu dari ‘boeh rarang’ (tenunan kain putih). Karena kecewa dan marah, Sangkuriang menendang perahu yang sedang dibuatnya sehingga menjelma menjadi Gunung Tangkuban Perahu.

Tokoh Sangkuriang adalah tokoh yang menyatukan segala hal yang ada diluar dirinya dan di dalam dirinya sendiri, berpadu dalam AKU-nya. Manusia sentral yang sekaligus merupakan dewa dan juga hewan, manusia yang jiwanya bergolak menyalakan api berkobar-kobar. Manusia yang menganggap dirinya sendiri sebagai Sumber Segala.

Keduanya ini sebenarnya merupakan kekayaan batin sifat manusia yang saling bertentangan satu sama lain. Hanya saja, cerita Sangkuriang akhir-akhir ini tidak digemari oleh masyarakat Sunda, mungkin disebabkan sifat ke-Aku-an yang terlalu egoistis. Padahal dari kedua cerita rakyat ini, jika diambil hikmah dan isi ceritanya, merupakan pelajaran sifat dan karakter batin manusia yang saling bertentangan satu dengan yang lainnya.

16 thoughts on “karakter manusia sunda

  1. ara_nina

    Asalamualikum saudara serantau,aku dari Malaysia..aku benar-benar mahu bertanya..adakah suku sunda ini mempunyai adat budaya campuran tanah melayu asalnya…dan adakah ada pakaian yang bersamaan dengan pakaian kebaya Melayu…aku pernah berjumpa seseorang berpakaian purbakala menemui aku dan mengaku berasal dari Sunda…bilamana aku menyuruhnya mebaca ayat-ayat Quran ayatnya benar..aku keliru.sehingga kini dia tetap ada walaupun bulan ramadhan…jadi aku kira dia bukan makhluk allah yang jahat…entah aku keliru saudara…boleh ngak jelasin…aku juga kiranya bisa ngomong bahasa negara kamu..dikit-dikit…hehe Keluarganya pernah datang memberi aku ayat suci untuk diamalkan namun keliru tingkah laku mereka seperti unsur melayu dalam pakaian mereka namun percakapan dalam bahasa indonesia..atau lebih tepat dalam bahasa jawa..

    Balas
  2. hadingrh Penulis Tulisan

    wa’alaikumsalam warahmatullah,
    suku sunda adalah salahsatu suku yang ada di indonesia, letaknya di sebelah barat pulau jawa. tahu kota bandung? orang malaysia banyak yang kenal kota bandung.
    mempunyai bahasa daerah yang khas, yaitu bahasa sunda. bahasa sunda mempunyai beberapa vocabulary yang sama dengan bahasa jawa. tapi sedikit.. banyak perdaannya.
    orang-orang sunda tentu bukan orang2 jahat.. hehe ..suku sunda memang dikenal agamis, dan kuat nuansa islaminya. bahkan hampir dipastikan orang sunda asli adalah beragama islam.
    pakaian tradisional sunda adalah kebaya, tapi sedikit lebih sederhana dari pakaian jawa.
    di dalam mimpi dia bicara apa?
    wilujeng sumping, artinya welcome..
    nepangkeun sim kuring jenengan nina, artinya perkenalkan nama saya nina..
    what did she say?

    Balas
  3. diajeng

    saudara ara_nina salam kenal,
    mungkin anda masih ada keturunan dari tanah jawa di generasi ke sekian di atas anda ?. bisa jd org yg datang di mimpi anda itu leluhur anda. mereka hijrah dari tanah jawa ke malaysia. coba anda telusuri silsilah keluarga besar anda dari pihak ayah dan ibu, kakek, buyut, 4-5 generasi, bila ada bukunya itu lebih baik lagi๐Ÿ™‚
    smoga Allah SWT Berkenan… aamiin..

    Balas
  4. diajeng

    Kang Hadi๐Ÿ™‚ nice & benefit article.. thanks for sharing it publicly & also links to my blog๐Ÿ˜‰
    coba itu ya foto dirinya dibuat yg utuh, kenapa sih mesti setengah2 bgitu ? hehe

    Balas
  5. diajeng

    ๐Ÿ™‚ memangnya dokter .. Kang merasa terima “kiriman2” saya gak ya beberapa hari ini ? kalau ya, Alhamdulillah…. sekedar sharing yg manis2๐Ÿ˜‰ biar tambah semangat ibadahnya

    Balas
  6. rudi

    mas tolong dong dijelaskan gimana sih watak/karakter orang sunda itu????? yang saya tau mereka itu lembut, terus karakter yang laen apa aja?????
    thanks………….

    Balas
  7. aan

    Sunda warisan anu baheula,moal aya sunda ayeuna pami teuaya nu ngamumulena,ngajagana.Sunda aya wilayahna(Jawa barat),aya bahasana, aya budayana,aya adat istiadatna:Ngeunaan karekter sunda diantawisna -Sopansantun/handap asor kasaluhureun-kasasama-kasahandapeun.Akuan sanes kadulur bae,Ulet gawena/usahana,Pengkuh kateguhanana,Rancage daekan sareng seueur duei.(Sunda warisan jaman dulu,tidak ada sunda kalau tidak ada yang memelihara,menjaganya.Sunda ada wilayahnya,Jawa barat,ada bahasanya,punya budayanya,punya adatistiadat:Bicara karakter diantaranya Kesopanan ke semua usia,Tegur sapa,Rajin usaha/kerja,teguh pendirian dan masih banyak lagi.)
    hayu urang mumule kasundaan urang wariskeun ka anak incu urang.
    Hatur nuhun…

    Balas
  8. DodyKurniawan

    assalamu’alaikum..kalau saya baca dari sejarah, orang sunda adalah mempunyai jiwa ksatria dan rela mempertaruhkan nyawa demi membela idealisme mereka,,,
    kisah perang bubad, dimana semua ksatria sunda gugur…dan pantang menyerah…
    hebatnya lagi puteri-puteri sunda pun ikutan berbela pati demi suami-suami dan ayah tercinta mereka yang gugur di medan laga…
    ketika suami dan ayah mereka meminta puteri-puteri sunda pulang ke kampung halaman, mereka menolak dan berkata akan siap mendampingi perjuangan suami walau sampai nyawa taruhannya….mengharukan sekali….
    walau tindakan bela pati adalah tercela dalam syariat Islam, tapi saya menangkap sisi lain dibalik kesetiaan yang luar biasa dari para puteri-puteri sunda…

    Balas
  9. VENDRA

    tp saat saya merantau ke bdg, saya sering dijahati org sunda spt dihina, ditipu, dipukul, difitnah dll oleh org sunda. mrk sering ngajak saya maksiat spt mabok, judi, zinah dll. mrk bnyk yg kafir dan musyrik spt pasang susuk, jimat, ke dukun dll.

    Balas
  10. VENDRA

    Sumpah! demi Alloh! saya tdk bohong! itu pengalaman saya. tp tdk semua org sunda jahat, yg baik juga ada. mungkin nasib saya lg sial, shg ktmu dg org2 jahat yg tdk punya otak dan perasaan.

    Balas
  11. raden akbar

    setuju,, saya darah jawa sunda, tapi lebih prefer ke sunda. Karena menurut saya selain islamnya kuat, solidaritasnya tinggi. hbungan Pertemanan juga seperti saudara sendiri, karena punya jiwa “Alewoh” sareng bodor ceunah .

    Balas

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s