Cara menghilangkan jerawat yang benar

Cara menghilangkan jerawat yang benar adalah dengan terlebih dahulu membuat jerawat menjadi lebih lentur. Membuat jerawat menjadi lentur dapat dilakukan melalui beberapa cara, misalnya dengan penggunaan obat jerawat yang mengandung asam retinoid, retinol, atau produk sejenis. Apabila prosedur melenturkan ini tidak dilakukan maka kita akan kesulitan dalam melakukan proses selanjutnya yaitu mengekstrak jerawat.

Senyawa retinoid mempunyai beberapa turunan produk.

English: Retinol or Vitamin A 3D space model.

Cara menghilangkan jerawat dengan resep retinol

Tazarotene dan isotretinoin adalah contoh untuk pengobatan jerawat. Mekanisme kerjanya mirip dengan asam retinoat.

Namun bagi ibu hamil dan menyusui hendaknya menjauhi penggunaan retinoid acid, karena bisa mengakibatkan gannguaan pada janin dan kehamilannya. Juga apabila anda yang sedang mengharapkan kehamilan, jenis obat-obat ini juga tidak boleh dipakai. Berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter specialis kulit adalah langkah yang tepat. Alternatifnya bisa anda cari bahan herbak yang bisa melenturkan jerawat.

Cara mengekstrak jerawat

Langkah mengekstrak jerawat sebenarnya hampir mirip dengan cara mengatasi komedo. Karena kita tahu bahwa jerawat adalah salah satu varian dari komedo.

Langkah ekstraksi yang bisa anda lakukan sendiri di rumah, dan didampingi dengan resep obat dokter. Berikut cara-cara yang harus dilakukan:

Pertama, basuhlah muka hingga air. Pastikan air yang dipakai benar-benar bersih, karena bila air rumah anda mengandung logam berat, sperti misalnya zat besi yang terlalu tinggu, maka bisa menjadi penyebab kulit anda rusak.

Kedua, langkah pengelupasan kulit mati, tahap 1. Yaitu dengan membersihkan muka dengan susu pembersih. Saat membersihkan muka dengan susu pembersih, lakukan lah pemijatan dan dorongan lembut supaya kulit mati yang menutupi pori-pori bisa diangkat.

Ketiga, langkah pengelupasan kulit mati, tahap 2. Yaitu dengan membersihkan muka dengan sabun. Pilihlah sabun khusus perawatan yang bebas deterjen, yang bisa mengurangi kelebihan minyak dan sekaligus bisa mengelupaskan kulit mati yang menumpuk di permukaan kulit. Dapat dipertimbangkan untuk menggunakan sabun khusus anti jerawat pada tahap ini.

Keempat, pemberian uap panas. Agar  mengeluarkan jerawat bisa lebih mudah dan jerawat lebih lentur, saya sarankan untuk memberikan uap panas atau steaming pada muka anda terlebih dahulu. Lakukan selama 15 menit sebelum anda melakukan langkah selanjutnya.

Kelima, pemberian resep retinoid acid pada muka. Sekali lagi, harus digaris bawahi bahwa langkah ini harus dibawah kendali dan resep dokter.

Keenam, langkah terakhir adalah mengoleskan lotion atau krim anti jerawat. Agar dapat diserap dengan baik, semua proses ini dilakukan berurutan di rumah pada malam hari.
Setelah melakukan 5 langkah sebelumnya, sekarang jerawat akan semakin lentur dan matang, sehingga mudah untuk dikeluarkan. Apabila jerawat masih keras, anda jangan terburu-buru untuk mengekstrak jerawat. Lakukanlah 6 langkah ini secara rutin setiap hari hingga jerawat siap untuk dipanen. Tentunya proses membuang jerawat ini harus dengan mengikuti prosedur yang benar. Sebagai referensi silahkan untuk mengikuti link cara menghilangkan jerawat membandel dan bekasnya.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s