Solusi untuk mengatasi wajah kusam berjerawat

Ada sebuah pertanyaan menarik di internet mengenai cara mengatasi kulit kusam dan berjerawat. Mungkin problem seperti ini pernah anda alami…..Tapi mudah-mudahan saja tidak, ya.

Pertanyaan :

Kulitku sangat mengerikan. Bukan soal jerawat, meskipun saya punya itu. Problemku yang utama adalah belang-belang dan kulit kusam. Saya memiliki bayangan gelap di bawah mata. Keriput menyebar di bawah mata saya dan dari sudut-sudut hidung ke mulutku. Saya tidak (dan tidak pernah) merokok, juga tinggal di sekitar perokok. Saya minum minimal 2 liter air sehari. Saya seorang wanita berusia 20-an , namun saya seperti mempunyai kulit akibat nikotin dan pecandu alkohol layaknya pada usia empat puluhan. Saya memang memiliki sejarah buruk, kulit pernah melepuh karena terbakar sinar matahari, ketika saya masih muda – meskipun hanya dua atau tiga kali terjadi. Dan juga pernah kecanduan alkohol 2 tahun yang lalu selama 6 bulan. Tapi kebiasaan ini telah lama berakhir. Sekarang saya telah mulai memakai tabir surya. Apa yang salah dengan cara yang telah saya lakukan? Kemudian akhir-akhir ini saya sudah melakukan hal berikut: – Saya mencuci dengan Cetaphil dan air hangat, tidak menyeka muka dengan washlap. – Melakukan scrubbing sekali atau dua kali seminggu. – Pada malam hari saya memakai pengobatan benzoil peroksida 2,5% atau asam salisilat 2%, meskipun tidak pernah menggunakan keduanya sekaligus. – Di pagi hari saya menggunakan pelembab asam retinoat. – Pada kesempatan yang berbeda (sehingga mereka tidak mengganggu satu sama lain), saya mengkonsumsi biotin, multivitamin, vitamin B,  suplemen kalsium-magnesium-zinc, dan minyak ikan. – Saya berolahraga secara teratur. – Saya kira-kira sepuluh pon kelebihan berat badan, tetapi sebaliknya dalam kesehatan yang baik. – Saya tidur setidaknya 7-8 jam per malam. – Saya telah mengganti metoda kontrasepsi, tapi tidak berpengaruh terhadap kualitas kulit. – Saya telah mencoba Differin dan Retin-A, (meskipun itu dilakuka pada tahun lalu, mungkin aku harus mencobanya lagi?). Dari segi perawatan, saya merasa seperti telah melakukan segala sesuatu dengan benar. Tetapi kulit saya tampaknya semakin buruk. Saya mendapatkan benjolan kecil di seluruh dahi, dan noda di pipiku (bukan jerawat kistik). Kulit saya kusam dan tak bercahaya. Ini mengerikan. Aku bisa mengatasi jerawat jika setidaknya memiliki cahaya yang sehat, tapi aku tidak. Apa lagi yang bisa saya lakukan?

(ditranslate dari sebuah blog berbahasa inggris)

Seperti yang telah anda baca, segala cara sudah dilakukan, tapi tetap tidak mendapatkan hasil yang diinginkan, bahkan mungkin sama sekali tidak berhasil. Karena sebenarnya perawatannya tidak terfokus dan tidak menyeluruh.

Cara mengatasi wajah kusam berjerawat

Cara mengatasi wajah kusam berjerawat yang benar dan efektif, dilakukan melalui pengelupasan (menghilangkan) kulit mati dan pemberian obat jerawat. Disamping itu, pola hidup dan pola makan yang teratur akan mempercepat pemulihan kondisi kulit yang rusak. Dari pertanyaan di atas, walaupun sudah minum 2 liter/hari, menghindari alkohol, merokok dll, tapi ada beberapa pola hidup yang masih ditinggalkan. Diantaranya :

  • Menghindari minuman soda/berkarbonasi, seperti misalnya diet coke.
  • Mengurangi makanan dan minuman yang mengandung gula.
  • Menghindari matahari selama perawatan. Sunblock dapat mengurangi resiko sunburn. Tapi perhatikan spf yang digunakan. Jangan karena telah memakai sunblock, lalu bisa bebas berjemur di bawah matahari.
  • Minyak ikan memang baik, tapi bila dikonsumsi secara berlebihan, justru membuat kulit rusak seperti tampak memar, dan  menimbulkan sekelompok luka cukur. Sebaiknya dikonsumsi tidak lebih dari dua kali seminggu.

Agar wajah tidak kusam, maka anda harus melakukan perawatan kulit yang terfokus, menyeluruh dan terintegrasi. Mana yang kira-kira anda lakukan terlebih dahulu, mengatasi kulit yang berjerawat atau kulit wajah kusam? Kalau anda menjawab salah-satu maka jawabannya adalah keliru. Dan bila menggunakan produk-produk klinis di atas namun tanpa mengikuti anjuran dari ahli medis, sangat mungkin hasilnya tidak akan seperti yang diharapkan.

Kulit kusam dan berjerawat mempunyai sebab yang sama, yaitu menumpuknya kulit mati. Apabila dibiarkan, maka kulit mati akan menyumbat pori-pori sehingga menimbulkan jerawat. Kulit mati yang semakin tebal akan menghambat regenerasi sehingga wajah lama-kelamaan akan menjadi kusam. Dan bukan hanya itu, di dalam artikel cara mengatasi flek hitam, anda bisa mengambil kesimpulan yang menyebabkan flek adalah tertutupnya permukaan kulit oleh kulit mati.

Produk untuk mengatasi kulit kusam

Produk untuk mengatasi kulit kusam

Maka untuk mengatasi problem wajah kusam berjerawat secara sekaligus, dibutuhkan perawatan harian berupa :

  1. Langkah eksfoliasi terarah (melalui pembersihan muka dengan sabun, krim malam, cleansing milk dan bahan eksfoliasi lainnya),
  2. Krim siang yang kaya nutrisi dan pelembab,
  3. Krim antibiotik pada malam hari untuk mengatasi jerawat

(Perawatan yang menyeluruh tersebut dapat anda dapatkan di dalam produk penghilang jerawat). Lakukan juga pola hidup secara lengkap, serta melakukan facial wajah setiap 2 minggu sekali. Selama melakukan langkah dalam mengatasi wajah kusam dan menghilangkan jerawat, untuk menghindari beberapa hal seperti :

  • Berjemur dan berenang di siang hari. Bila hendak beraktifitas di siang hari, gunakanlah sunblock minimal spf35. Karena saat perawatan kulit, biasanya kulit menjadi lebih sensitif terhadap matahari. Sunblock yang berfungsi juga sebagai pelembab akan dapat mengatasi kulit kering.
  • Sementara ketika berjerawat, bersihkan wajah anda dari segala jenis kosmetik (misalnya bedak padat, krim malam, pelembab) saat hendak tidur.  Untuk kulit yang berminyak, hindarilah pemakaian cleansing milk sebagai gantinya adalah dengan menggunakan peeling scrub. Jika terpaksa menggunakan kosmetik, maka gunakanlah yang berbahan dasar air, bukan minyak.  Dan sediakan juga toner wajah sebagai oil control.
  • Menggunakan produk lain di luar dari anjuran dokter.

Terakhir yang harus diperhatikan adalah, saat melakukan perawatan untuk mengatasi wajah kusam di wajah atau mencerahkan wajah kusam, sebaiknya untuk berkonsultasilah dengan ahli medis. Karena ada beberapa produk eskfoliasi yang harus digunakan sesuai dengan petunjuk dokter. Yang bila digunakan secara sembarangan justru akan berdampak negatif bagi kulit anda.

PS: untuk informasi pemesanan, silahkan menghubungi pin BB 29394FA4, atau whatsapp/line 081311300412 (tanpa sms).

One thought on “Solusi untuk mengatasi wajah kusam berjerawat

  1. Hadi Nugraha

    Reblogged this on rich amor depok and commented:
    Cara tepat menghilangkan kulit kusam dan berjerawat adalah melalui eksfoliasi harian. Apa saja eksfoliasi harian yg harus dilakukan?
    1. Membersihkan sisa debu, kotoran, dan riasan dengan cleansing milk.
    2. Membersihkan sisa cleanser dengan sabun,
    3, Eksfoliasi dengan bahan-bahan eksfolian,
    4. Setelah proses diatas dilakukan maka saat memakai obat jerawat, bahan-bahan aktifnya akan lebih mudah meresap kedalam sumber jerawat. Sehingga obat jerawat akan lebih efektif.
    Jadi, kalau hanya sesekali membersihkan muka, atau hanya menggunakan obat jerawat saja maka hasilnya bisa jadi kurang sesuai dengan harapan.

    Balas

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s