Tips mencegah jerawat agar tidak muncul kembali

Alangkah senangnya bila wajah bebas jerawat. Muka mulus terawat. Yang perlu dilakukan selanjutnya adalah menjalani fase pemeliharaan. Sebagai produk klinis yang aman, Rich Amor tidak mengakibatkan ketergantungan. Yang artinya bila jerawat sudah sembuh, pasien bisa bebas menggunakan produk kulit apapun tanpa harus tergantung kepada  Rich Amor. Dan tidak perlu khawatir jerawatnya akan kembali muncul, apabila anda melakukan prosedur yang benar dalam fase pemeliharaan kulit.

Kita tahu bahwa ada beberapa faktor pendorong timbulnya jerawat. Yang tidak bisa dihindari adalah aktifitas hormon yang mendorong produksi minyak lebih dari biasanya, misalnya saat masa puber, kehamilan dan saat menstruasi. Beberapa jenis makanan juga bisa mendorong produksi minyak, misalnya, makanan pedas yang akan meningkatkan suhu tubuh. Stress juga dapat meningkatkan produksi minyak. Dan kita tahu, bahwa salah satu tipe kulit adalah jenis berminyak, sehingga tidak dapat dihindari bila anda suatu waktu dikunjungi oleh jerawat.

Sebelum saya uraikan bagaimana tips pencegahan jerawat, ada baiknya kita pahami terlebih dahulu bagaimana proses pembentukan jerawat melalui video berikut ini.

Dari video tersebut dapat kita pahami bahwa apapun jenis kulit anda, bukanlah yang menjadi faktor utama. Tapi bagaimana memperlakukan dan merawat wajah andalah yang menjadi sumber penyebabnya. Kulit mati yang terjadi akibat sering meraba dan memegang jerawat akan mengakibatkan sumbatan di pori-pori. Bagaimana anda merawat dan membersihkan muka, serta benda-benda yang sering menempel di wajah (misalnya handphone, sarung bantal dll), menjadi sumber penyebab lainnya. Sehingga walaupun anda telah terbebas dari jerawat, namun bila anda mengabaikan faktor-faktor di atas, maka sangat mungkin jerawat akan kembali muncul.

Jadi, jangan sampai anda berpikir bahwa bila telah dirawat oleh produk skincare terbaik, maka akan selamanya terbebas dari jerawat. Apalagi bila anda sangat malas membersihkan muka, munculnya jerawat adalah sebuah keniscayaan yang bisa datang kapan saja. Memegang jerawat, bahkan memencet jerawat sendiri dapat akan menyebabkan peradangan, pembengkakan, dan membuat jerawat semakin banyak.

Kekeliruan persepsi dari masyarakat tentang perawatan kulit sering kita temukan. Banyak yang menganggap bila kita sudah sembuh, tapi beberapa minggu atau bulan kemudian muncul kembali jerawat, lalu mereka mengatakan bahwa produk tersebut menyebabkan ketergantungan. Memang bisa terjadi demikian bila anda menggunakan produk yang mengandung merkuri. Dimana partikel berat merkuri akan mengakibatkan penyumbatan di pori-pori. Tapi apabila anda menggunakan produk medis dari dokter kulit dan medically proven, kemudian beberapa saat kemudian tumbuh kembali jerawatnya, maka sangat mungkin ada kesalahan dalam cara anda memperlakukan kulit.

Tips merawat muka sebagai pencegahan jerawat

Perawatan wajah harian, akan sangat menentukan kesehatan kulit dan pencegahan jerawat. Bila jenis kulit anda berminyak, segeralah mencuci muka dengan sabun khusus jerawat agar sebum tidak bercampur dengan debu dan kotoran sehingga menjadi sumbatan. Tapi perhatikan juga bahwa mencuci muka terlalu sering akan mengakibatkan muka menjadi kering. Juga hindari penggunaan sabun bayi karena akan membuat jerawat semakin parah. Membersihkan muka saja belumlah cukup. Gunakanlah cleanser apabila berjenis kulit kering atau normal. Sedangkan untuk kulit berminyak, pakailah peeling scrub.

Untuk mengatasinya, tenaga medis dapat memberikan lotion, krim atau gel. Tujuannya untuk membantu membuka sumbatan pada pori-pori, dan membunuh bakteri. Menurut salah seorang dokter dari skincare ternama, mengatakan bahwa “Produk perawatan pada beberapa kasus dapat menyebabkan kulit menjadi kering dan mengelupas, ataupun jerawat semakin banyak. Namun hal tersebut normal saja, dan merupakan bagian dari proses perawatan jerawat dan potensi jerawat.”

Bagaimana dengan facial wajah? Ya, facial juga dibutuhkan untuk menyingkirkan sisa-sisa kulit mati yang tidak berhasil diangkat melalui perawatan harian. Facial bisa anda lakukan sendiri di rumah, atau juga dilakukan oleh kapster di salon. Namun kami sangat menyarankan sebelum melakukan facial, agar anda melakukan eksfoliasi rutin setiap bulan. Juga menggunakan serum CCE apabila anda mempunyai jerawat batu, agar isinya bisa keluar dengan mudah (biasanya berbentuk butiran beras putih). Eksfoliasi yang aman bisa anda tanyakan pada tenaga medis atau dokter. Hal ini dilakukan agar wajah anda terpelihara dari kulit mati yang menjadi penyebab sumbatan di pori-pori.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s