Cara Tepat Mengangkat Komedo

Ada beberapa faktor yang menjadi penyebab timbulnya komedo yang harus diketahui. Supaya anda bisa mewaspadai bila anda dihadapkan pada situasi berikut :

  1. Mengkonsumsi makanan yang memicu suhu tubuh dan makanan yang merangsang minyak. Diet menjadi faktor dominan yang mempengaruhi kondisi kulit anda. Begitupun dengan komedo. Komedo distimulasi oleh konsumsi makanan yang mengandung banyak minyak dan lemak. Gorengan atau segala jenis makanan yang digoreng dengan struktur minyak yang sudah rusak dapat memunculkan komedo.
  2. Wajah yang tidak terawat. Sudahkah anda melakukan tips mencerahkan wajah yang benar, dan teratur? Komedo bermunculan di wajah yang jarang dibersihkan. Bila kulit anda tipe yang berminyak, maka debu, kotoran dan kulit mati akan menyebabkan sumbatan di pori-pori sehingga menimbulkan komedo putih dan hitam.

Intinya, komedo umumnya disebabkan oleh pola hidup yang tidak sehat dan cara merawat kulit yang salah. Untuk mengatasi hal ini, ikutilah tips mencerahkan wajah dan cara menghilangkan jerawat. Yang di dalamnya terdapat beberapa tips bagaimana merawat wajah yang benar.

Beberapa Cara Mengatasinya
Berikut ini beberapa cara sederhana yang terbukti ampuh dalam membasmi komedo.

Untuk menghilangkan komedo, lakukanlah terlebih dahulu perawatan kulit yang teratur setiap hari. Usaha ini dilakukan agar mengurangi sumbatan di pori-pori. Kemudian, agar komedo mudah dikeluarkan maka gunakanlah cara sederhana ini:

Menggunakan uap air panas.

Cara sederhana ini bisa bisa menjadikan isi komedo menjadi lentur sehingga gampang dikeluarkan. Tuangkan air panas ke dalam baskom ukuran sedang, kemudian hadapkan wajah anda ke wadah tersebut (lebih baik lagi kepala anda ditutup dengan handuk sehingga uap panas bisa secara maksimal mencapai kulit muka). Biarkan uap-uap air panas tersebut menyentuh wajah Anda selama 10-15 menit.

Menggunakan es batu.

Selain untuk menghilangkan kantung mata, dan merapatkan pori-pori, es batu juga bisa dimanfaatkan untuk melenturkan komedo.

Menggunakan alat sedot komedo
Sekarang anda bisa memilih cara instan untuk menghilangkan komedo yaitu dengan menggunakan komedo ekstraktor. Alat sederhana ini telah terjual bebas untuk penggunaan sendiri di rumah. Harganya pun cukup terjangkau. Alat ini juga dapat digunakan dengan mudah tanpa harus ada bantuan dari ahlinya. Ada komedo ekstraktor yang berbentuk panjang, yang di setiap ujungnya berbentuk penjepit untuk menarik komedo pada wajah.
Tentunya ini hanya digunakan untuk komedo hitam yang sudah lentur dan siap untuk dikeluarkan. Jadi, tidak untuk komedo putih yang masih berada di bawah permukaan kulit. Namun, alat jenis ini sering menimbulkan rasa sakit, dan menimbulkan peradangan apabila isi komedo masih keras. Untuk itu, ada pula inovasi baru berupa alat pencet komedo yang berwujud pemijat yang akan membawa keluar komedo dari pori-pori dan tidak menimbulkan rasa sakit.