Perawatan Kulit Muka Yang Berminyak dan Berjerawat

Cara merawat dan menghilangkan kulit berminyak serta berjerawat membutuhkan perhatian khusus. Karena banyak yang keliru dan cara merawat muka sehingga menyebabkan kulit menjadi kering, tanpa menghilangkan problem jerawat itu sendiri.

Hampir setiap orang yang berjerawat mempunyai tipe kulit berminyak. Walaupun ada sedikit kasus yang mempuyai kulit kering tapi berjerawat.
Minyak yang diproduksi akan menjamin kulit tetap sehat, lembab, dan terpelihara kekencangannya. Namun bila produksi minyaknya terlalu banyak akan mengakibatkan beberapa problem kulit. Menurut Andrea Cambio, MD, direktur medis dari Cambio Dermatology Cape Coral, Florida, ada beberapa cara untuk mengatasi hal tersebut.

Pembersih Muka (Milk Cleanser dan Sabun)

Para ahli kulit sepakat bahwa cara paling efektif untuk merawat dan menghilangkan kulit berminyak adalah membersihkan muka anda baik pagi dan malam. “Selalu gunakan pembersih yang lembut, karena sabun yang keras bisa merangsang kulit untuk meningkatkan produksi minyak,” April Armstrong, MD, asisten profesor dermatologi di University of California, Davis, mengatakan. Juga, berhati-hatilah dengan waslap. Kain lap yang kasar juga dapat merangsang sekresi minyak.

Pembersih muka saja tidak lah dapat menyingkirkan minyak. Oleh karena itu, cobalah produk yang mengandung asam: seperti benzoil peroksida, asam salisilat, asam glikolat, atau asam beta-hidroksi. “Banyak produk yang mengandung asam terdapat di dalam produk perawatan jerawat. Jadi, produk-produk tersebut bukan hanya bagus untuk perawatan jerawat tapi juga baik untuk orang-orang yang bermasalah dengan kulitnya yang terlalu berminyak,” kata Armstrong. “Namun karena beberapa bahan ini bisa menyebabkan iritasi, maka gunakanlah konsentrasi asam yang sesuai dengan kekuatan kulit anda. Cucilah dengan air hangat, tidak panas, karena suhu ekstrim dapat mengiritasi kulit.

Toner

Sebagian ahli kulit ada yang bersilang pendapat apakah toner dapat mengurangi kulit yang berminyak. Andrea Cambio berpendapat karena toner yang beredar di pasaran cenderung untuk mengiritasi kulit dan dapat menyebabkan produksi minyak lebih banyak. “Namun, jikalau tetap menggunakan toner, maka gunakanlah hanya pada daerah kulit yang berminyak saja: seperti dahi, hidung, dan dagu. Hindari penggunaannya pada daerah-daerah yang cenderung kering.”

Namun berbeda halnya dengan Toner Wajah Rich Amor, karena untuk normal sekalipun akan tetap nyaman. Manfaatnya selain untuk menghapus kelebihan minyak, membuang sisa milk cleanser, juga dapat lebih sempurna membersihkan sisa riasan. Dan juga tidak mengakibatkan kulit menjadi kering.

Bedak Obat (Bedak Medicated)

Bedak obat dengan asam salisilat, asam glikolat, asam atau bahan penyerap minyak lainnya adalah pilihan perawatan kecantikan lainnya. “Sabun medicated cukup praktis umtuk dibawa kemana-mana, disimpan di dalam tas dan dipakai kapanpun untuk menyegarkan kulit dan menghilangkan kelebihan minyak.”

Kertas Hisap (Blotting Paper)

Blotting Paper menawarkan manfaat untuk menghilangkan minyak tanpa mengeringkan kulit Anda. “Terapkan untuk area yang berminyak, seperti dahi, hidung, dan dagu. Jangan menggosok kulit Anda dengan selembar kertas hisap. Sebaliknya, hanya tekan pada beberapa daerah berminyak beberapa saat untuk menyerap minyak sekitar 15 sampai 20 detik.

Cara Menghilangkan Kulit Muka Berminyak dengan Sebum Regulator

Sangat sedikit produk klinis untuk mengobati kulit berminyak yang bisa Anda temukan dipasaran.
Produk dari bahan alami ini diformulasi secara bioteknologi untuk mengobati kulit berminyak dengan kecenderungan seboroik, menghambatan 5 aktivitas a-reductase dan memiliki efek astringent, serta mengecilkan pori-pori wajah. Acanthe sebum regulating gel sudah terdaftar di badan pom (CL 1002601474). Bahan pembuatnya dipilih dengan cermat untuk mengontrol hipersekresi sebaceous tanpa mengakibatkan efek rebound.

Sebum regulating gel untuk mengontrol kulit berminyak

Komponen utamanya adalah:

  1. Steroidic Heterosides dengan anti inflamasi, dan emulsifier kelebihan lipid sebaceous.
  2. Asam Amino, sulfurated Peptides dan Zinc Salt sebagai sebo-regulator
  3. Basidiomycete Mushroom sebagai astringent kulit
  4. Vitamin B (Niacinamide, Biotin dan Panthenol), dan basis Xantic untuk menghambat lipogenesis

Manfaat dari sebum regulating gel bagi kulit adalah :

  1. Mengontrol ekskresi dan produksi sebaceous
  2. Mengecilkan pori-pori muka
  3. Meningkatkan kenyamanan kulit berminyak
  4. Efek anti-iritasi

Kulit Muka Berminyak dan Berjerawat

Saat anda memakai obat jerawat untuk kulit berminyak sangat penting untuk menyertakan juga produk untuk pengontrol minyak. Sehingga di paket penghilang jerawat selalu kami sertakan juga sebum regulating gel ataupun toner medicated. Kombinasi paket penghilang jerawat dan toner/sebum regulating gel, akan mencegah timbulnya jerawat baru akibat aktifitas produksi minyak di saat permukaan kulit masih tersumbat oleh kulit mati.