Mengobati Jerawat Secara Efektif

Sebelum kita membahas obat jerawat dan bagaimana cara menghilangkan jerawat secara efektif, kita terlebih dahulu mengenai faktor-faktor yang merangsang timbulnya jerawat, dan bagaimana seharusnya kita melakukan tindakan yang tepat supaya jerawat segera bisa diatasi.

Faktor-faktor Pemicu Jerawat

  • Aktifitas hormonal.
    Usia remaja, ibu yang sedang hamil, dan orang-orang yang menggunakan obat-obatan tertentu serta kontrasepsi oral, termasuk yang mengandung kortikosteroid, androgen atau lithium.
  • RIwayat keluarga. Faktor keturunan memainkan peran penting dalam jerawat. Jika kedua orang tua mempunyai masalah dengan jerawat, maka anakpun cenderung untuk berjerawat juga.
  • Produk-produk yang mengandung minyak.
    Kosmetik yang mengandung minyak dan sering bermakeup tebal akan menjadi sebab tumbuhnya jerawat.
  • Gesekan atau tekanan pada kulit. Hal ini dapat disebabkan oleh barang-barang seperti ponsel, telepon, helm, dan baju ketat.
  • Stress.
    Bukan. Stress bukanlah penyebab jerawat, tetapi jika anda sudah memiliki jerawat, maka stres dapat membuatnya lebih buruk.

Tiga Faktor Yang Berkontribusi Penting Menimbulkan Jerawat atau Acne Vulgaris:

  1. Sebum (minyak) berlebih.
  2. Jika sel-sel kulit mati tidak dikelupas dengan, kemudian menumpuk dan menghalangi folikel rambut.
  3. Timbunan bakteri.

Produksi sebum (minyak) yang berlebihan, dan penumpukan sel-sel kulit mati yang menyumbat folikel rambut, maka akan menciptakan lingkungan yang ramah bakteri. Sumbatan sebum dan sel-sel mati akan menyebabkan benjolan dari dinding folikel maka akan menghasilkan whitehead. Jika sumbatan terbuka di permukaan, kemudian ternyata berwarna gelap maka dikenal sebagai komedo. Ketika folikel rambut tersumbat mengalami reaksi infeksi atau meradang, maka menghasilkan jerawat vulgaris.

Obat Jerawat : Mengatasi Jerawat atau Jerawat Vulgaris

Tujuan pengobatan adalah untuk membunuh bakteri, mengurangi produksi sebum, merangsang pertumbuhan sel-sel kulit baru, dan mengurangi peradangan.
Lama pengobatan jerawat akan tergantung pada tingkat keparahan jerawat. Dokter kulit bisa meresepkan obat topikal atau obat oral atau kadang-kadang keduanya.

  • Obat oral untuk jerawat nempunyai kontraindikasi pada kehamilan. Jadi selalu konsultasikan dengan dokter supaya dipilihkan treatment yang cocok.
  • Pemakaian obat topikal akan meringankan produksi minyak, membuang kelebihan minyak, membunuh bakteri dan memicu pertumpahan sel kulit mati. Bahan-bahan topikal berbahan ringan biasanya memiliki kandungan ringan belerang, benzoil peroksida, asam salisilat sebagai bahan utamanya. Namun pada umumnya akan ada Efek sampingnya yaitu kulit menjadi kering, iritasi kulit dan mengelupas.
  • Obat jerawat topikal kuat biasanya mengandung vitamin A dosis tinggi untuk jerawat parah. Misalnya adalah tretinoin, adapalene dan tazarotene, yang dikombinasikan dengan asam retonoid. Bahan-bahan tersebut akan meningkatkan pergantian sel-sel kulit baru, dan mencegah penyumbatan folikel rambut. Selain itu dikombinasikan juga dengan antibiotik untuk membunuh bakteri.
  • Antibiotik minum biasanya digunakan bersamaan dengan obat topikal untuk jerawat. Efek samping antibiotik adalah sakit perut, perubahan warna kulit, pusing, peningkatan kepekaan terhadap cahaya matahari dan berpotensi menurun efektivitas OCP.
  • Untuk jerawat membandel dan parah maka digunakan isotretinoin. Namun isotretinoin memiliki kontraindikasi untuk selama kehamilan, karena dapat menyebabkan cacat lahir yang serius pada bayi.
    Efek sampingnya adalah: kulit, mata, bibir, mulut, dan hidung menjadi kering; mimisan, gatal, sensitivitas matahari, nyeri otot, dan penglihatan di malam hari menjadi berkurang. Obat ini juga dapat meningkatkan kolesterol, trigliserida dan kadar enzim hati dalam darah.
  • Isotretinoin diduga meningkatkan risiko depresi.

Cara yang paling mudah dan aman adalah dengan memakai rangkaian produk yang sudah didesain secara khusus untuk bisa menghilangkan kulit mati, membunuh bakteri, merangsang regenerasi kulit serta meredakan peradangan. Untuk lebih lengkapnya silahkan untuk membaca artikel mengatasi jerawat pada link tersebut.

Perubahan Gaya Hidup Untuk Melawan Jerawat

  • Menjaga anda senantiasa bersih dengan pembersih ringan, bebas minyak dan lembut.
  • Mandi setelah berolahraga atau melakukan aktivitas berat yang menghasilkan keringat.
    Jangan terlalu sering menyentuh wajah. Selalu menjaga tangan senantiasa bersih dan dijauhkan dari wajah anda.
  • Jangan menggaruk dan memencet jerawat karena akan menyebabkan jaringan parut.
  • Hindari memakai pakaian ketat dan topi.
  • Hindari memakai makeup berat. Dan selalu menggunakan toner untuk menghapus makeup sebelum tidur.
  • Sering mencuci dan menggosok juga tidak dianjurkan. Jika jerawat hadir sekitar dahi, maka anda harus mencuci rambut secara teratur dengan sampo ringan.
  • Produk anti jerawat dengan bahan aktif benzoil peroksida atau asam salisilat.
  • Hindari menggunakan kosmetik berminyak atau berminyak atau produk penata rambut.
  • Selalu menggunakan produk yang diberi label berbasis air atau non-comedogenic .
  • Beberapa alternatif obat anti jerawat alami juga bisa membantu mengatasi jerawat; Namun, selalu berkonsultasi dengan dokter sebelum menggunakannya.
Iklan